Wisata Waduk Gajah Mungkur

Wisata

Written by:

Jika Anda asli Jawa Tengah, Anda tentu akan tahu nama Waduk Gajah Mungkur. Ketika waduk sedang dibangun, pemerintah terpaksa merelokasi penduduk dan mengungsi ke lokasi lain. Beberapa juga pindah ke Kalimantan.

Terletak di bagian selatan Kabupaten Wonogiri, dengan luas 8800 ha, waduk ini mulai dibangun sekitar tahun 1970 dan digunakan pada tahun 1978. Waduk ini tidak hanya digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air, tetapi juga berfungsi sebagai irigasi dari sawah dan tanah pertanian, milik warga di sekitar Kabupaten Wonogiri. Awalnya itu hanya untuk irigasi, tetapi seiring waktu waduk ini justru menjadi objek wisata.

Sekarang tempat ini juga digunakan sebagai tempat rekreasi bagi penghuni di dalam dan luar daerah. Di sini ada permainan seperti rubah terbang, pohon air, dll. Anda dan keluarga Anda dapat memanjakannya dengan bermain air sepanjang hari. Pengunjung juga dapat menyewa pancing untuk memancing di waduk. Ada juga beberapa karamba yang bisa Anda kunjungi. Sudah ada beberapa kapal di tepi waduk yang dapat Anda sewa untuk memotong waduk.

Di tepi tengah waduk ada juga beberapa hewan di kandang seperti kebun binatang. Ada buaya, gajah, ular, dan banyak lagi.

Lokasi dan rute ke reservoir Gajah Mungkur

Lokasinya sekitar. ± 20 km sebelah barat dari pusat Kab. Wonogiri, atau lebih tepatnya beralamat di desa Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah. Dari pusat Kab. Wonogiri, Anda dapat mengambil rute barat melalui Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri atau Jl. Raya Wonogiri.

Harga tiket masuk
Untuk harga tiket ada harga tetap 15 ribu untuk hari kerja dan 20 ribu untuk liburan.

Untuk beberapa info tentang tur Waduk Gajah Mungkur, yang berlokasi di Wonogiri, kami juga dapat memberikannya kepada pembaca azwisata.com, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *