Sitoplasma Pada Sel Tumbuhan

Edukasi

Written by:

Melihat tumbuhan disekitar lingkungan, banyak sekali hal yang dapat dipelajari mengenai tumbuhan yang memiliki sel mirip dengan hewan. Bagian tumbuhan yang mirip dengan hewan adalah sitoplasma. Fungsinya adalah untuk menyimpan berbagai macam jenis zat kimia yang dipakai untuk proses metabolisme sel, selain itu juga menjaga metabolisme supaya tetap bekerja dengan baik. Hal tersebut yang membuat tumbuhan dapat tumbuh dengan maksimal dengan metabolisme yang lancar. Hal itu juga menyimpan bahan kiia yang penting bagi kehidupan. Tidak heran jika disebut memang mirip dengan sel sel hewan. Ciri – ciri yang menonojol adalah zat cair yang mengisi ruang antara membran sel dan organel seluler.

Karakteristik Umum yang dimiliki sitoplasma antara lain menunjukan sifat pewarnaan diferensial, daerah bernoda dengan pewarna dasar yaitu daerah basofiliknya dan disebut juga sebagai ergatoplasma untuk bahan ini. Karakteristik selanjutnya campuran heterogen dari butrian buram dan senyawa organik yang memberikan sifat koloid. Banyak hal lainnya yang menjadi karakter dari sel tersebut sehingga untuk dapat melihat bahwa beragam karakter yang menonjol sehingga dapat melihat bentuk sel tersebut. Struktur yang terdapat pada sel tersebut antara lain mikrotubulus yaitu organel sel berbentuk silinder panjang yang berongga, tak bercabang, tak bermembran. Tersusun dari protein dengan ukuran diameter 25 nm dan panjang yang tak menentu. Struktur selanjutnya adalah filamen sebagai organel sel yang memiliki bentuk seperti benang halus. Selain itu juga terdapat miofibril sebagai organel yang tersusun dari protein otot aktin, miosin, troponin, tropomiosin. Bentuknya seperti serabut-serabut.

Organel yang terdapat pada sitoplasma antara lain mitokondria yang berfungsi dalam proses oksidasi dan mualisasi. Plastida didalamnya terkandung klorofil, berfungsi dalam fotosintesis. Vakuola berfungsi untuk menyimpan zat makanan. Badan golgi yang berfungsi aktif dalam sekresi dan sintesis polisakaraida. Ribosom sebagai tempat berlangsungnya sitesis protein. Lisosom yang berperan dalam proses matinya sel – sel. Retikulum endoplasma kasar dan halus juga menjadi bagian organel yang ada didalamnya yang memiliki banyak manfaat bagi tumbuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *