Inilah Smartphone Terbaik 2018-2019

Teknologi

Written by:

Tahun depan menandai kehadiran smartphone generasi terbaru yakni 5G, lantaran Qualcomm menghadirkan chipset yang mendukung jaringan tersebut. Dan tentu saja, tahun 2019 disebut akan menjadi era smartphone dengan layar lipat. Tahun ini saja sejumlah vendor sudah unjuk gigi dan memamerkan perangkat andalan mereka, sebut saja Samsung. Selanjutnya, apa saja deretan smartphone terbaik yang bakal dirilis pada tahun depan? Berikut 10 di antaranya yang dilansir dari Techradar. Samsung Galaxy S10, Sony Xperia XZ4, Huawei P30 Pro, maupun Xiaomi Mi 9, merupakan beberapa smartphone terbaik 2018-2019, meskipun ada beberapa yang akan dirilis pada tahun 2019.

LG G8 ThinQ

Pada awal tahun 2018, LG melepas G7 ThinQ yang menonjolkan sektor kamera. LG kemudian meluncurkan V40 ThinQ yang juga mengunggulkan sektor serupa, bahkan dengan 5 kamera. LG diperkirakan masih mengandalkan sektor ini saat merilis G8 ThinQ pada bulan Mei 2019.

Samsung Galaxy X

Kemunculan smartphone layar lipat Samsung pertama ini belum terkonfirmasi, namun diyakini pada pertengahan tahun 2019. Kabarnya, Galaxy X bakal diluncurkan usai Samsung melepas Galaxy S10. Pada sameran Samsung Developer Conference di San Francisco, AS, November lalu, perangkat ini sudah diperkenalkan ke publik. Harga Samsung Galaxy X ini diperkirakan cukup mahal, mencapai Rp26 juta.

Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus

Smartphone untuk kalangan flagship Samsung seri Galaxy S sudah memasuki generasi ke-10, yang rencananya bakal diperkenalkan pada bulan Maret 2019. Menarik ditunggu peningkatan apa yang ditawarkan Samsung di Galaxy S10 nanti. Berbekal pada generasi sebelumnya, seri terbaru Galaxy S membawa upgrade pada sektor kamera dan chipset. Saat muncul varian “Plus”, Samsung menawarkan layar yang lebih lega. Adapun lompatan besar seri ini ketika Infinity Display diperkenalkan di Galaxy S8.

Sony Xperia XZ4

Di saat vendor smartphone ramai-ramai mengadopsi aspek rasio layar 18:9, Sony Xperia XZ4 disebut menawarkan rasio 21:9. Ini akan menjadi smartphone paling sinematik dan hadir tanpa notch. Rasio tersebut dikabarkan telah didesain untuk seri Xperia X Ultra pada 2017 namun Sony tak pernah merilisnya. Adapun Xperia XZ4 bakal diperkenalkan pada bulan Maret 2019.

Huawei P30 Pro

Vendor Huawei pada tahun 2018 menggebrak pasar smartphone fotografi dengan Mate 20 Series. Sedangkan Tahun 2019, tepatnya bulan April, seri P30 Pro bakal lebih garang lagi. Dari laporan awal menyebutkan jika kamera smartphone ini menggunakan sensor Sony IMX607 dengan resolusi 38MP.

Motorola Moto G7 and G7 Plus

Masih di bulan April 2019, Motorola bakal memperkenalkan Moto G7 dan G7 Plus. Tak banyak informasi yang bisa digali dari smartphone Motorola seri G ini. Banyak orang berpendapat, G7 bakal tersemat notch dan setidaknya memiliki konfigurasi dual camera.

OnePlus 7

Pada konferensi Snapdragon Technology Summit 2018 di Hawaii awal Desember lalu, pihak OnePlus memberikan bocoran spesifikasi perangkat flagship-nya. Seperti chipset Snapdragron 855, pemindai sidik jari di dalam layar, dan cangkang kaca. Akan tetapi, itu semua baru diketahui saat OnePlus 7 dirilis pada akhir Mei 2019.

iPhone 11 dan 11 Max

Sudah menjadi tradisi Apple merilis seri iPhone terbaru setelah melepas seri “S”. Tepatnya bulan September 2019, iPhone 11 dan 11 Max diharapkan membawa segudang fitur menarik tak hanya sekadar upgrade kamera dan chip, seperti layar TouchBar, dukungan stylus, maupun teknologi kamera pop-up.

Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Seperti Apple, tradisi yang sama juga dilakukan Google di perangkat Pixel. Tepatnya bulan Oktober 2019, seri Pixel 4 dan Pixel 4 XL bakal unjuk gigi, namun tak banyak informasi yang bisa digali dari dua perangkat itu. Diharapkan Google tak menutup mata dengan fitur segudang dan menjadi unggulan yang tren di perangkat Android sepanjang 2018. Pasalnya, di Pixel 3 Google tak menyuntikkan itu, sebut saja pemindai sidik jari di dalam layar maupun face unlock. Google bahkan masih mengandalkan teknologi fingerprint konvensional yang tersemat membulat di bagian belakang bodi.

Xiaomi Mi 9

Belum diketahui kepastian dari Mi 9 akan diluncurkan Xiaomi tahun depan. Apabila berkaca dari seri sebelumnya, Mi 8, maka Mi 9 diperkirakan akan dirilis pada bulan Mei 2019. Mi 9 merupakan seri flagship andalan Xiaomi yang membawa spesifikasi tinggi di setiap komponen. Di Mi 8 misalnya, Xiaomi membekali perangkat ini dengan chip Snapdragron 845 dan layar AMOLED. Seri Mi 9 diharapkan membawa peningkatan tak hanya pada sisi software dan hardware namun juga fitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *